- PRASANGKA
Prasangka ditujukan bila anggota
dari satu kelompok yang disebut “kelompok dalam” memperlihatkan sikap dan
tingkah laku negatif dari kelompok lain yang disebut “kelompok luar”
Prasangka adalah penilaian dari satu
kelompok atau individu yang terutama didasarkan pada keanggotaan kelompok. Efek
dari prasangka adalah merusak dan menciptakan jarak yang luas. Sering dikatakan
bahwa prasangka adalah sikap sementara diskriminasi adalah satu tindakan.
Prasangka dipengaruhi oleh pilihan tentang kebijakan public. Prasangka memiliki
sumbangan terhadap oposisi yang lebih besar terhadap kegiatan pihak yang
menyetujui.
- MACAM – MACAM PRASANGKA
Prasangka tidak terbatas pada
kelompok, ras, suku, Prasangka juga terdapat di antara kelompok agama, partai,
juga orang yang kegemukan menjadi target prasangka dan stereotip yang negatif,
bahkan lanjut usia juga diprasangkai sebagai orang yang tidak mampu lagi secara
fisik dan mental.
- Racism adalah prasangka ras yang menjadi terlembagakan, yang tercermin dalam kebijakan pemerintah, sekolah, dan sebagainya, dan dilakukan oleh hadirnya struktur kekuatan sosial.
- Sexism prasangka yang telah terlembagakan menentang aggota dari salah satu jenis kelamin, berdasarkan pada salah satu jenis kelamin.
- Ageism kecenderungan yang terlembagakan terhadap diskriminasi berdasar pada usia, prasangka berdasar pada usia.
- Heterosexism keyakinan bahwa heteroseksual adalah lebih baik atau lebih natural daripada homoseksuality.
- USAHA – USAHA MENGURANGI PRASANGKA
- Usaha Preventif : berupa suatu usaha yang ,mencegah agar orang atau kelompok tidak terkena prasangka. Menciptakan suasana yang tenteram, damai, dan jauh dari rasa terkena prasangka. Menanamkan sejak kecil perasaan menerima orang lain meskipun ada perbedaan. Perbedaan bukan berarti pertentangan atau permusuhan. Memperpendek jarak sosial. Sehingga tidak timbul prasangka.
- Usaha Kuratif : berupa usaha menyembuhkan orang yang sudah terkena prasangka, berupa usaha menyadarkan. Prasangak adalah hal yang merugikan dan tidak ada yang bersifat positif bagi kehidupan bersama. Usaha-usaha ini dapat dilakukan oleh media masa terutama Koran, tv, radio, dan lain-lain, serta dapat dilakukan oleh para pendidik, orangtua, tokoh-tokoh masyarakat, dan seba
- DISKRIMINASI
Theodorson & Theodorson
(1979:115-116) mengartikan diskriminasi sebagai “perlakuan yang tidak seimbang
terhadap perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat
kategorikal, atau atribut-atribut khas, seperti berdasarkan ras,
kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial”.
Hak-hak asasi manusia melarang
adanya diskriminasi yang merendahkan martabat atau harga diri komunitas
tertentu dan bila dilanggar akan melahirkan
pertentangan dan ketidakadilan di dalam kehidupan manusia.
Karateristik lain yang diduga
merupakan dasar dari tindakan diskriminasi
- Diskriminasi langsung, terjadi saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya peluang yang sama.
- Diskriminasi tidak langsung, terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.Diskriminasi ditempat kerja
- ETNOSENTRISME
Etnosentrisme yaitu suatu kecenderungan
yang menganggap nilai-nilai dan norma-norma kebudayaannya sendiri sebagaai
sesuatu yang prima, terbaik, mutlak dan diepergunakan sebagai tolok ukur untuk
menilai dan membedakannya dengan kebudayaan lain.
Etnosentrisme merupakan kecenderungan
tak sadar untuk menginterpretasikan atau menilai kelompok lain dengan tolok
ukur kebudayaannya sendiri. Sikap etnosentrisme dalam tingkah laku
berkomunikasi nampak canggung, tidak luwes.
Setiap suku bangsa atau ras tertentu
memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda dan sekaligus menjadi kebanggaan
mereka. Suku bangsa ras tersebut cendrung menganggap kebudayaan mereka
sebagai salah satu prima, riil, logis, sesuai dengan kodrat alam dan
sebagainya. Segala yang berbeda dengan kebudayaan yang mereka miliki, dipandang
sebagai, dipandang sebagai suatu yang kurang baik, kurang estetis, dan
bertentang dengan kodratnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar