Minggu, 01 Januari 2017

Perananan media massa bagi pemuda serta masalah dan potensi pemuda indonesia

Peranan Media massa bagi Pemuda 
Pemuda merupakan penerus bangsa. suatu bangsa bisa berkembang dan maju tergantung dari pemudanya sendiri. sedangkan media merupakan sebuah sarana, sarana dalam mendapatkan hasil sebuah informasi.
Semakin canggihnya perkembangan teknologi saat ini membuat semakin mudahnya kita dalam mendapatkan sebuah informasi melalui media media cetak maupun media elektronik. Namun dengan pesatnya perkembangan media massa saat ini, menyebabkan banyak dampak bagi pemuda. adapun dampak tersebut adalah dampak positif dan dampak negatif.
Dampak positifnya adalah bertambahnya ilmu atau informasi dari seorang pemuda. Dengan wawasan yang luas dan ilmu yang bermanfaat akan membuat pemuda semakin kuat dan hebat sebagai pribadi yang baik. Dampak negatifnya adalah semakin banyaknya pelangaran pelanggaran norma yang terdapat dalam media cetak ataupun media elektronik. pelanggaran tersebut meliputi tindak kejahatan, pencemaran nama baik, berita yang tidak semestinya serta pelangaran norma borma dalam masyarakat.
Sebagai pemuda indonesia kita semestinya lebih pintar dan teliti dalam memilah dan memilih informasi yang baik dan berguna bagi diri kita pribadi maupun orang lain. jadilah pemuda yang hebat, raih semua mimpimu setinggi tingginya.

Permasalahan pemuda dan Cara mengatasinya
Sebagai seorang pemuda tentunya kita mempunya banyak sekali permasalah. Dengan adanya masalah tersebut kita bisa menjadi pemuda yang lebih dewasa dan lebih tau mana yang baik dan mana yang benar. 
Masalah-masalah dikalangan pemuda bukanlah masalah sepele yang dapat kita biarkan begitu saja. Banyak dampak yang dapat terjadi apabila masalah ini dibiarkan terus menerus. Dapat kita lihat dari berbagai sumber bahwa permuda indonesia saat  ini banyak yang melakukan tindakan-tindakan yang buruk, seperti mabuk-mabukan, berjudi, free sex, memakai narkoba, bahkan sampai anak SMP melakukan tawuran antar remaja. Fenomena seperti ini sangatlah mudah di temukan di Indonesia, bahkan di perkotaan yang umumnya memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi di bandi daerah pedesaan.
Penyimpangan dan permasalahan pemuda saat ini benar-benar harus di tanggulangi. Karena masalah dan penyimpangan di kalangna pemuda saat ini sudah sangat banyak. Sudah saatnya bagi kita para pemuda untuk mengubah cara pandang hidup kita agar kita dapat menjadi pemuda yang berguna bagi bangsa dan negara Indonesia. Serta dapat turut ikut serta dalam pembangunan moral pemuda agar para pemuda Indonesia dapat menjadi panutan bagi masyarakat indonesia sehingga dapat membuat Indonesia yang lebih baik.

Potensi pemuda indonesia 
Pemuda adalah tulang punggung peradaban. Kemajuan dunia sangat erat berkaitan dengan sosok yang satu ini. Wajar bila kalangan tokoh dunia sangat mementingkan eksistensi pemuda, sebab mereka sadar bahwa potensi yang mereka miliki sangat sanggup mengubah jalan sejarah dunia.  
Pernah suatu waktu, presiden pertama NKRI, Ir. Soekarno berbicara pada golongan pemuda waktu mereka berembuk untuk mempersiapkan kemerdekaan  negeri ini. Sambil bergurau beliau berkata: “Berikan kepadaku 10 pemuda seperti Anda, hai Syahrir, maka akan kuubah jalannya sejarah dunia ini”. Lain waktu beliau juga berujar : “Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia.” Dikutip dari buku Penyambung Lidah Rakyat Indonesia. 


Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani berbagai macam – macam harapan, terutama dari generasi lainnya. Hal ini dapat dimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, generasi yang mengisi dan melanjutkan estafet pembangunan.Di dalam masyarakat, pemuda merupakan satu identitas yang potensial. Kedudukannya yang strategis sebagai penerus cita – cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya.

Cara mengaplikasikan potensi pemuda yaitu dengan cara melakukan norma norma yang sebagaimana semestinya  baik di dalam keluarga maupun di kalangan masyarakat luas. sebagai pemuda kita jangan takut untuk mencoba hal yang baru, karena tidak akan ada keberhasilan tanpa di awali dengan kegagalan. Tempatkan diri anda pada posisi terbaik untuk mendapatkan manfaat dan keberhasilan yang tinggi.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar