Kamis, 13 Juli 2017

HARAPAN , CITA-CITA & DOA

HARAPAN , CITA-CITA & DOA

1.             HARAPAN

Harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan bebuah kebaikan di waktu yang akan datang. Pada umumnya harapan berbentuk abstrak, tidak tampak, namun diyakini bahkan terkadang, dibatin dan dijadikan sugesti agar terwujud.Namun adakalanya harapan tertumpu pada seseorang atau sesuatu. Pada praktiknya banyak orang mencoba menjadikan harapannya menjadi nyata dengan cara berdoa atau berusaha.

2.                CITA-CITA
Cita-cita adalah suatu impian dan harapan seseorang akan masa depannya, bagi sebagian orang cita-cita itu adalah tujuan hidup dan bagi sebagian yang lain cita-cita itu hanyalah mimpi belaka. Bagi orang yang menganggapnya sebagai tujuan hidupnya maka cita-cita adalah sebuah impian yang dapat membakar semangat untuk terus melangkah maju dengan langkah yang jelas dan mantap dalam kehidupan ini sehingga ia menjadi sebuah akselerator pengembangan diri namun bagi yang menganggap cita-cita sebagai mimpi maka ia adalah sebuah impian belaka tanpa api yang dapat membakar motivasi untuk melangkah maju. Manusia tanpa cita-cita ibarat air yang mengalir dari pegunungan menuju dataran rendah, mengikuti kemana saja alur sungai membawanya. Manusia tanpa cita-cita bagaikan seseorang yang sedang tersesat yang berjalan tanpa tujuan yang jelas sehingga ia bahkan dapat lebih jauh tersesat lagi. Ya, cita-cita adalah sebuah rancangan bangunan kehidupan seseorang, bangunan yang tersusun dari batu bata keterampilan, semen ilmu dan pasir potensi diri.

3.        DOA

Doa adalah harapan dan cita- cita. Dengan berdoa, kamu dapat meminta kepada Tuhan agar dimudahkan dalam mencapai cita-cita. Doa merupakan target hidup yang ingin dicapai oleh seseorang. Cita-cita tidak mungkin dapat dicapai oleh seseorang hanya dengan berdoa. Akan tetapi, diperlukan usaha keras dan kesungguhan untuk mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, jadikan usaha dan doa sebagai jalan untuk menempuh kesuksesanmu.
Kesuksesan dapat diraih apabila kamu rajin berusaha. Berusahalah dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita yang kamu mimpikan. Sikap malas menjadi penghambat seseorang dalam meraih kesuksesan. Perlu kamu ketahui, setiap usaha yang dilakukan dengan rajin, pasti akan membuahkan hasil.Tahukah kamu, anak yang rajin tidak hanya belajar jika ada guru. Anak yang rajin akan selalu belajar, membaca, dan diskusi, walaupun tidak ada guru.

USAHA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KEPADA TUHAN YME

 Usaha itu antara lain:
·                     Meningkatkan ketaqwaan kita dengan jalan meningkatkan ibadah.
·                     Meningkatkan pengabdian kita kepada masyarakat.
·                     Meningkatkan kecintaan kita kepada sesama manusia dengan suka menolong, dermawan, dan sebagainya.
·                     Mengurangi nafsu mengumpulkan harta yang berlebihan.
·                     Menekan perasaan negatif seperti iri, dengki, fitnah, dan sebagainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar