Kamis, 29 September 2016

Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Sosial Dasar


    
      Didalam kehidupan bermasyarakat kita tidak bisa hidup sendiri, melainkan kita harus hidup saling berinteraksi satu dengan lainnya sebab itu kita sering disebut dengan makhluk sosial. Didalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang ilmu pengetahuan sosial dengan ilmu sosial dasar serta perbedaannya.


Pengertian
  • Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang menjalaskan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat seperti halnya bagaimana perilaku kita didalam masyarakat. Bertujuan untuk edukasi kita didalam pembelajaran. 
  •  Ilmu Sosial Dasar adalah Ilmu tentang dasar dasar sosial kita di masyarakat yang harus diwujudkan dengan perbuatan, supaya kita bisa lebih cepat tanggap akan adanya masalah masalah sosial yang terjadi di dalam masyarakat.

 Perbedaan
  • Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk edukasi didalam pembelajaran, sedangkan Ilmu Sosial Dasar bertujuan supaya kita bisa tahu langkah apa yang harus diambil apabila terdapat suatu masalah di dalam hubungan bermasyarakat.
  • Ilmu Pengetahuan Sosial biasanya kita terima pada jenjang sekolah dasar (SD) ataupun sekolah menengan pertama (SMP) sedangkan Ilmu Sosial Dasar kita terima pada jenjang sekolah menengah akhir (SMA) dan Perguruan tinggi.

 Golongan pembelajaran Ilmu Sosial Dasar berlandaskan Fakta, Konsep, dan Teori.
  • Suatu kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat dengan terdapat suatu masalah dalam masyarakat tertentu.
  • Sebuah Konsep sosial yang terbatas pada konsep dasar yang sangat diperlukan dalam mempelajari masalah masalah sosial untuk mecari titik penyelesaiannya.
  • Beberapa masalah sosial yang berbeda-beda yang timbul dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar